CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Tarikan Kuat dari Unimom Forte (Riview Breastpump Elektrik)

 

unimom

Sebelumnya saya sudah buat review tentang Medela Mini Plus di blog ini. Seperti janji saya sebelumnya, sekarang saya akan meriview breastpump elektrik yang saya pakai. Jika si minel plus  saya dapat dengan cara sewa maka si forte ini didapat dengan cara beli setelah sebelumnya  hunting, baca review, dan bolak-balik shalat istikarah. Ceritanya nggak mau rugi walaupun forte ini harganya jauh lebih murah daripada BP elektrik lain yang double pump.

Awalnya saya ngebet banget pengen beli medela swing maxi. Tapi, ternyata si swing maxi ini lagi kosong di pasaran. Begitu pula di olshop. Saya pesan di asibayi.com dan cs-nya bilang lagi kosong. Setelah bolak-balik milih, akhirnya pesan si forte ini. Alhamdulillah ready stock. Saya pun segera pesan dan tidak berapa lama barang dikirim.

Saat menerima paket, kaget juga karena ternyata dusnya besar dan berat. Setelah dusnya dibuka dan sempet hopeless melihat item-nya yang lumayan banyak. Saya pesan dengan paket manualnya yaitu tuas dan diafragma. Soalnya si forte ini juga bisa digunakan secara manual. Sengaja beli paketan manual buat jaga-jaga nggak ada listrik. Soalnya, motor si forte ini nggak bisa pake batere.

Saya langsung mencuci dan mensterilkan bagian-bagian pompa agar bisa langsung dicoba. Setelah steril, langsung saya pasang bagian-bagiannya. Saat pertama kali coba, sempet down juga karena hasilnya dikit banget beda dengan saat pertama kali saya pakai minel plus. Yang membuat nggak nyaman adalah silicon petalnya tidak pas dengan corong sehingga sering lepas-lepas. Saya kembali pakai minel plus dengan perasaan desperate karena merasa rugi dan bagaimana jika harus beli bp lagi. Hikss … khan over budget.

Kemudian, saya coba lagi si forte. Kali ini nggak pakai silicon petal. Hasilnya…. Waaah, seneng banget. Tarikannya terasa kuat di sekitar aerola sehingga ASI yang keluar pun banyak. Hasilnya lebih banyak daripada si minel plus. Tentunya, bikin hati berbunga-bunga. Perasaan putus asa pun hilang berganti perasaan bahagia karena tidak harus merogoh tabungan lagi buat beli BP elektrik. Setelah beberapa kali dipakai, ternyata perintilan yang harus dicuci dan steril tidak banyak, kok. Bagian-bagian yang tidak terkena asi tidak harus cuci steril setiap saat akan pompa. Jadi,  yang cuci-steril hanya 2 botol, 2 corong, sama 2 valve. Selebihnya tidak cuci-steril. Awalnya saya cuci-steril semua bagian.

Setelah beberapa kali pakai forte, saya puas dengan kinerjanya. Sehari saya bisa pulang bawa 5 botol ASIP sebagai oleh-oleh untuk Fathan, bahkan pernah sampai 6 botol. Tarikannya kuat tapi tidak bikin nipple sakit. Selain itu, yang bikin suka sekali adalah suaranya yang halus. Beda banget dengan minel plus yang berisik seperti mesin pemotong rumput. Hehehe..maaf ya minel, tapi bagian ini saya suka banget dari unimom forte. Tapi, ada juga kelemahan forte yaitu motornya yang berat jika dibandingkan dengan minel plus. Padahal, katanya ini model baru karena sebelumnya si forte ini lebih berat dan lebih besar sampai sebesar panggangan roti. Waduh, nggak kebayang, deh. Selain itu, si forte ini nggak bisa pakai baterai. Jadi, agak sulit jika dibawa ke tempat yang tidak ada listrik. Selain berat dan besar juga agak rempong karena mesti bawa manual kit-nya juga.

 

Secara umum, saya puas dengan kerja si forte ini. ASIP yang dihasilkan banyak sehingga bisa memenuhi kebutuhan saya yang sedang kejar setoran. Sama seperti minel plus, waktu memompa cukup singkat, cukup 10 menit 2 PD sudah kosong. Nggak jadi menyesal deh beli unimom forte.

 

(+)

Harga murah untuk pompa elektrik double pump

Suaranya halus

Sudah closed system sehingga ASI tidak akan masuk ke motor dan tidak menyebabkan motor rusak

Hospital Grade

Desainnya simple tapi elegan

Bahan plastik untuk botolnya bagus dan tebal

Bisa digunakan secara manual

 

(-)

Motornya besar dan berat

Tidak bisa pakai baterai

Rempong kalau harus bawa pulang pergi kantor-rumah

 

Nah, buat ibu-ibu menyusui yang sedang kejar setoran asip, bisa coba unimom forte ini. Harganya tidak terlalu mahal, worth it banget. Selamat mencoba.