CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Persiapan MPASI

Tidak terasa, sebentar lagi Fathan 6 bulan. Horeee … sebentar lagi Fathan lulus ASIX 1. Antara senang dan degdegan. Senang karena sebentar lagi Fathan maju ke tahap perkembangan berikutnya, degdegan soalnya ini hal baru yang sebaiknya dipersiapkan dengan baik. Keadaan sepertinya akan semakin repot karena si bunda khan harus menyiapkan makanan padat untuk Fathan. So, apa saja yang sudah disiapkan si bunda menjelang MPASI.

Buku BLW

mpasi-4

Sejak Fathan masih dalam kandungan, si bunda udah niat banget kalau bunda akan melakukan Baby Lead Weaning saat bayi mulai makan. BLW begitu kuat meracuni pikiran bunda hingga bolak-balik si bunda buka blognya BLW dan beli bukunya saat Fathan masih berusia 3 bulan. Sengaja beli jauh-jauh hari supaya si bunda punya waktu mempelajari isi buku itu lebih dalam. Pada intinya buku ini menekankan pemberian makan dengan cara bayi yang mengambil keputusan terhadap makanan. Si bunda tertarik pakai teknik BLW karena teknik ini mengajarkan kemandirian kepada bayi untuk bisa makan sendiri tanpa disuapi! Ya, tanpa disuapi. Sejak mulai makan, bayi dibiarkan memasukkan makanan ke mulutnya dengan tangannya sendiri. Apa tidak takut tersedak? Teknik BLW ini melatih anak untuk belajar mengunyah dengan benar sehingga enzim-enzim dalam mulut akan terpakai sehingga proses pencernaan makanan pun akan berlangsung dengan baik. Plusnya lagi, dengan teknik BLW, si bunda tidak perlu repot menghaluskan makanan dan tidak harus membuat segala macam makhluk halus. Cukup membuat finger food, seperti potongan wortel, kacang, dan makanan lainnya yang ukurannya bisa digenggang bayi. Horeee … masaknya bisa sekalian masak nasi di rice cooker. Menurut buku ini, pada awalnya akan terjadi kekacauan saat jam makan. Bayi tidak langsung akan memakan makanan yang disajikan. Malah bayi akan mengacak-acak makanan, memainkannya. Nah, itulah cara bayi mempelajari makanan. Bonusnya, teknik BLW ini akan menghindarkan bayi dari picky eater. Mungkin pada awalnya akan tampak repot karena membereskan bekas makanan yang berantakan akan tetapi hasilnya akan baik karena bayi akan lebih menghargai makanan.

Celemek/Slabber/Bib Baju

mpasi-5

Hal penting lainnya yang sebaiknya disiapkan adalah celemek makan biar makanan nggak mengotori pakaian. Sengaja pilih celemek model baju biar menutupi pakaian Fathan. Ukurannya milih yang agak besar biar kepakenya lama. Celemek ini juga bisa dipakai buat Fathan besar nanti kalau dia lagi menggambar dan melukis. Jadi, krayonnya tidak mengotori pakaian. Hehehe…ngarep celemeknya bisa awet dipake sampai besar. Si bunda udah nyiapin dua celemek, warnanya biru. Yang satu tangan pendek dan satu lagi tangan panjang. Huhuhu…jadi pengen koleksi celemek, deh. Habisnya model dan warnanya lucu-lucu. Yiaaakksss…

Tempat Makan Bayi

mpasi-3

Tentu saja untuk persiapan MPASI perlu tempat makan. Alhamdulillah, untuk sementara ini tidak beli tempat makan karena dapat kado beberapa paket tempat makan bayi. Fathan pakai yang ada aja dulu yaitu paket makan dari pigeon dan lusty bunny. Hehehehe …kalau sudah ada, kenapa juga harus beli? Tidak tergoda beli tempat makan anak yang lucu-lucu? Untuk saat ini belum, deh.

Doidy Cup

mpasi-2

Fathan juga perlu belajar minum selain belajar makan. Oleh karena itu, udah jauh-jauh hari si bunda siapin Doidy Cup. Gelas unik agar bayi bisa belajar minum dari gelas. Udah dicobain, kayaknya Fathan suka, deh. Dia maksa pengen megang kuping cangkirnya padahal belum bisa, jadinya air tumpah-tumpah. Ujung-ujungnya, Doidy Cupnya jadi mainan dan dipukul-pukulin ke high chair. Heuuuu ..

High Chair

mpasi-1

Nah, ini bagian terpenting dan mengeluarkan cost paling tinggi. High chair ini harganya paling tinggi di antara item-item lainnya. Perlu mikir panjang saat mau beli high chair. Bahkan, perlu waktu lama buat pilih-pilih high chair. Sampai akhirnya memutuskan membeli salah satu model high chair. Nah, high chair yang dipilih adalah high chair mama love dengan pertimbangan bisa kepake sampai Fathan toddler. Soalnya kalau udah nggak dipake high chair bisa diset jadi meja belajar.

Kenapa maksain beli high chair? Karena menurut saya, high chair salah satu item penting dalam mengajarkan cara makan yang baik pada bayi. Saya ingin Fathan bisa makan dengan baik, mandiri, dan rapi. Dengan adanya high chair, bayi jadi tahu waktu dan tempat makan. Tidak makan di mana saja dan mengerti kalau didudukin di high chair adalah waktunya makan. Saya juga ingin Fathan bisa makan sendiri. Cara pemberian MPASI dengan BLW, membuat si anak memutuskan makan sendiri tanpa disuapi. Nah, kehadiran high chair membantu Fathan untuk bisa duduk dan makan sendiri tanpa disuapi.