CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Celoteh si Kecil

[caption id="attachment_2110" align="aligncenter" width="470"]Ayah dan Fathan main ikan Ayah dan Fathan main ikan[/caption]

“Ini apa, Ayah?” tanya Fathan sambil nunjuk gambar di buku.
Iitu apa, Bunda?” tunjuk Fathan pada gedung bertingkat yang sedang di bangun. Setiap lewat gedung yang sedang di Bandung, Fathan pasti nanya itu apa. Bunda hanya bisa jawab itu alat berat karena bunda sendiri tidak tahu itu apa namanya.
“Ikannya gede, Ayah,” tunjuk Fathan.
Duuuh, mendengar celotehan Fathan yang baru berusia 27 bulan ini rasanya bahagia banget. Alhamdulillah, di usianya yang baru 2 tahun lebih, Fathan sudah lancar dalam berkomunikasi. Kata-kata yang diucapkannya pun dapat dilapalkan dengan jelas. Fathan pun bisa mengingat kata baru yang dia dengar dan menghubungkannya dengan kata-kata lainnya sehingga membentuk kalimat baru.
Menurut artikel yang bunda baca di sini, seorang psikolog anak di Bradley Hospital Providence, AS, bernama Carol Faulkner, Ph.D. menjelaskan bahwa anak-anak sedang berusaha untuk memahami dunia yang cukup mengherankan menurutnya. Jadi, mungkin setiap hari Fathan melihat hal-hal yang baru dan mengherankan baginya. Bunda senang dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh Fathan, itu tandanya dia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Bunda berusaha menjelaskan sesederhana mungkin agar dia bisa memahaminya dan menghubungkannya dengan kejadian lain.
Contoh kejadian:
Fathan ingin ikut ayah ke masjid. Bunda bilang kalau Fathan di rumah aja karena di masjid cuma ada bapak-bapak. Saat Fathan diajak Ayah dan Bunda jalan-jalan dan banyak orang, Fathan langsung berceloteh, “Bunda, banyak bapak-bapak ya, di sini,” Hihihi..lucu juga mendengar celotehannya.
Oh iya, menurut Carol juga, usia 2 tahun itu, saat pemahaman bahasa anak sedang berkembang. Si anak akan selalu melontarkan pertanyaan untuk mengidentifikasi sesuatu. Contoh kalmia, “Itu apa?” Pas banget dengan pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan Fathan. Sebisa mungkin, bunda menjelaskan identitas benda yang ditanyakannya. Di kesempatan lain dia kaan bertanya sesuatu yang sudah ditanyakan atau akan mengingat kata yang pernah bunda sampaikan.
Bunda berharap bisa memberikan stimulasi yang baik bagi Fathan yang sedang berkembang pada tahap ini sehingga Fathan bisa tumbuh jadi anak yang cerdas dan berkepribadian baik. Harapan setiap orang tua tentunya begitu, tinggal bagaimana cara kita sebagai orang tua bisa mengarahkan anak kepada hal yang positif.