CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Mengajak Bayi Bicara Sejak dalam Kandungan

[caption id="attachment_2132" align="aligncenter" width="470"]Membaca Al Quran rutin meningkatkan kecerdasan bayi Membaca Al Quran rutin meningkatkan kecerdasan bayi[/caption]

“Selamat ya, bu, bayinya sehat. Oh iya, bayinya sudah bisa mendengar ucapan ibu, Jadi, sering diajak bicara, ya,” Itu ucapan bidan saat Bunda memeriksakan kehamilan. Tanpa terasa kehamilan Bunda sudah berjalan 24 minggu. Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada masalah yang serius. Walaupun memang kehamilan kedua ini terasa lebih melelahkan dibandingkan dengan kehamilan anak pertama. Namun, sejauh ini Bunda menikmatinya. Bahkan, Bunda senang mendapat ilmu untuk mengajak bayi bicara sejak dalam kandungan.

Eh, ternyata menurut artikel yang saya baca di sini mengajak janin bicara sejak dalam kandungan bisa merangsang kecerdasan bayi. Kenapa bisa begitu? Karena sejak usia 23 minggu, janin telah mampu mendengar, melihat cahaya, dan merespon melalui gerakan. Pantesan, dede bayi udah mulai sering gerak-gerak, apalagi kalau Bunda lagi khusyuk baca Al Quran. Eh, katanya bayi dalam kandungan juga akan merasa tenang jika mendengar music atau membaca Al Quran. Bunda pilih membaca Al Qur’an. Alhamdulillah, bisa menargetkan diri sehari membaca satu juz. Walaupun terasa eungap (bahasa Sunda) tapi Bunda berusaha menyelesaikan target. Bukan apa-apa, Bunda pengen sejak dalam kandungan debay sudah biasa mendengarkan bacaan Al Quran, dan mencintai Al Quran sejak kecil.
Oh iya, selain membaca Al Quran, Bunda coba bicara dede bayi saat akan sholat. Jadi, sebelum sholat, Bunda bilang gini, “Dede Bayi yang pinter dan solehah, Bunda sholat dulu, ya,”. Memang yang saya lakukan sederhana, Bunda mengajak dede bayi bicara saat ada Fathan, kakaknya. Kenapa? Karena Bunda ingin dede bayi merasa dekat dengan kakaknya. Fathan pun mulai sayang sama dede bayi dengan cara mengusap dan mencium perut Bunda. Duuh, bahagianya Bunda jika mereka berdua bisa menjadi saudara yang rukun dan saling menyayangi. Semoga ikhtiar Bunda ini bisa membawa kebaikan untuk dede bayi dan Fathan.