CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Perawatan Tubuh Saat Hamil




Bunda yang sedang hamil tetap wajib lho merawat tubuh. Apalagi saat hamil, hormone kehamilan memengaruhi semua bagian tubuh, termasuk payudara, kulit, rambut, gigi, dan gusi. Untuk tetap menjaga agar tubuh tetap berada dalam keadaan baik, Bunda sebaiknya melakukan perawatan tubuh saat hamil. Setelah sebelumnya Bunda berbagi tips rias wajah saat hamil. 

Kulit
Kulit mungkin akan terlihat sangat bagus saat hamil. Semua hormon tambahan akan mendorong kulit untuk menahan pelembab alami yang dihasilkan oleh tubuh sehingga membuat kulit menjadi lebih lembut, lebih tidak berminyak. Namun, ada juga ibu hamil yang mengalami permasalahan kulit, seperti kulit bersisik, strechmar, pigmentasi, dll.

Perawatan kulit. Berikut ada beberapa tips umum untuk merawat kulit saat hamil. Sabun menghilangkan minyak alami yang terdapat di kulit, jadi gunakanlah sesedikit mungkin. Coba pakai lotion bayi atau sabun dan body wash dengan bahan dasar gliserin. Selalu tambahkan sedikit minyak ke dalam air mandi untuk menghindari efek dehidrasi dari air, dan jangan berendam di bath tub terlalu lama karena akan membuat kulit dehidrasi. Rias wajah akan menambah cerah wajah dan membantu melembabkan kulit karena mencegah hilangmya kadar air dari kulit.

Pigmentasi lebih dalam. Ini terjadi hampir pada semua ibu hamil. Pigmentasi terjadi di area tubuh yang telah terjadi pigmentasi seperti bintik kulit, tahi lalat, dan daerah areola payudara. Di tengah perut muncul garis hitam yang disebut linea nigra. Garis ini menandai pembagian dari otot abdomen menjadi terpisah sedikit untuk memberikan tempat bagi rahim yang melebar. Setelah melahirkan pun, linea nigra masih tetap ada dan akan menghilang secara perlahan. Jika berada di luar ruangan, pakailah krim tabir surya untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UVA).

Jerawat. Jika cenderung berjewarat sebelum menstruasi, kemungkinan besar saat hamil akan berjerawat di bulan-bulan pertama.Pantesan saat awal hamil, Bunda jerawatan di hidung, dagu, dan pipi. Alhamdulillah, sekarang udah nggak jerawatan. Nah, cara ngusir jerawat memang harus rajin membersihkan wajah sehari dua sampai tiga kali. Jerawat jangan dipencet ya karena bisa menyebabkan infeksi yang menyebar ke jaringan kulit lebih dalam.

Stretchmark. Nah, ini dia masalah yang sangat pelik yaitu stretchmark. Mulai dari kehamilan pertama, Bunda belum berhasil mengusir si stretchmark ini. Apalagi stretchmark di daerah paha, pinggul, dan perut. Stretchmark terjadi karena pecahnya protein di kulit akibat tingginya hormon kehamilan, dan konon katanya memang tidak banyak yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya. Apapun yang diusapkan pada kulit tidak akan membawa perbedaan. Pantesan saat hamil pertama oles ini itu, si stretchmark tetap muncul. Salah satu cara untuk mencegah datangnya stretchmark yaitu dengan menjaga kenaikan berat badan.Usahakan kenaikan berat badan teratur. Duuuh, susah deh kalau yang ini soalnya sekarang aja berat badan naiknya udah dahsyat banget. Tapi, jangan khawatir si stretchmark bisa memudar setelah tiga bulan kelahiran. Tapi menurut pengalaman Bunda sih nggak benar-benar pudar. Tetap membekas… dududududu.. si kulit bergaris bikin galau aja.