CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Usia 26 Minggu

[caption id="attachment_2136" align="aligncenter" width="469"]Gambar bayi usia 26 minggu Gambar bayi usia 26 minggu[/caption]

Alhamdulillah, sekarang kehamilan sudah menginjak usia 26 minggu. Usia kehamilan yang lumayan nyaman karena sudah nggak merasa mual-mual lagi. Sayangnya, berat badan Bunda terus bertambah. Banyak yang menghibur si dengan bilang,”Yang penting ibu dan bayi dalam kandungan sehat,”.
Menurut buku yang Bunda baca, pada usia ini, bayi semakin tinggi dan gerakannya semakin kuat. Iyah, sih dede bayi udah mulai sering gerak-gerak. Kulitnya sudah tidak lagi tembus pandang dan berwarna kemerahan. Kulitnya masih tampak keriput karena dede bayi belum mengumpulkan cukup banyak simpanan lemak. Sel-sel otak yang akan ia gunakan untuk berpikir secara sadar kini mulai matang. Pada usia ini, dede bayi juga sudah bisa mengingat dan belajar dalam satu eksperimen. Bayi di dalam rahim dilatih untuk menendang sebagai respons terhadap suatu getaran. Pada usia ini juga alat kelamin sudah terlihat berbeda. Hehehe…dokter sudah bilang sih jenis kelamin dede bayi. Tapi Bunda belum mau bilang-bilang, ah. Entar aja, hehehe…
Pendengaran
Dede bayi sudah mampu mendengar frekuensi suara. Ia juga akan lebih banyak bergerak menanggapi frekuensi tinggi daripada rendah. Bayi akan menggerakkan badannya seirama pembicaraan. Jika sering mendengar music tertentu, ia akan merasa tidak asing dengan music tersebut. Kalau Bunda sih udah ngebiasain mendengar dan membaca Al Quran sejak awal kehamilan. Dengan harapan, dede bayi sudah terbiasa mendengar lantuan ayat suci Al Quran. Kelak menjadi anak yang mencintai Al Quran. Aamiin.
Oh iya, bayi juga sudah bisa mengenali suara ayahnya, lho. Jika sang ayah rutin mengajak bicara, si bayi akan bisa mengenali suara ayahnya walaupun berada di ruangan yang penuh dengan orang.Dede bayi akan merespons secara emosional—misalnya jika sedang marah, ia akan berhenti menangis saat mendengar suara ayahnya bicara dan menjadi tenang. Alhamdulillah, si Ayah sudah mulai sering ngajak dede bayi ngobrol.
Wajah Bayi
Profil wajah bayi usia 6 bulan ini sudah sangat mirip dengan bayi baru lahir. Jadi, sebenarnya bayi yang lahir pada usia ini sudah sempurna dan berpotensi untuk hidup dan mampu bertahan dengan perawatan intensif khusus.
Otak
Pola gelombang otak pada usia ini sama dengan bayi baru lahir cukup bulan. Sumber gelombang otak ini adalah sumber cortex, bagian otak yang paling banyak berevolusi. Dede bayo sekarang sedang mengembangkan pola tidur dan bangun. Heumm..pantesan kalau siang, dede bayi gerak-gerak terus mungkin memang sedang bangun dan beraktivitas.
Nah, itu yang bisa Bunda certain tentang dede bayi di usia 26 minggu. Alhamdulillah, selama ini proses kehamilan lancar walaupun memang terasa lebih mudah lelah jika dibandingkan dengan kehamilan pertama. Insya Allah, akan terus lancar. Nanti, Bunda akan cerita lagi tentang perkembangan dede bayi selanjutnya.