CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Outbound Pertama Fathan di Tempat Wisata Outbound Bandung




Piknik di tempat outbound Bandung

Fathan termasuk anak yang aktif. Fathan lebih suka lari-larian daripada duduk manis menggambar. Terkadang Bunda sering dibuat senewen dengan semua tingkah polahnya yang aktif tersebut. Sejauh ulahnya masih bisa ditolerir, Bunda tidak akan marah hanya sekadar mengingatkan. Fathan juga memiliki energi yang cukup besar sehingga memang energinya itu mesti disalurkan untuk kegiatan yang postif. Oleh karena itu Bunda langsung daftar saat ada pengumunan untuk outbound bagi anak-anak di masjid tempat Fathan mengaji. Bunda ingin Fathan bisa bermain di tempat  wisata outbound sehingga Fathan bisa lebih berkembang lagi kemampuannya. Bunda dan Fathan pun tidak sabar mengikuti Outbound pertama Fathan yang akan diadakan di Natural Hills, tempat wisata outbound di Bandung.

Perjalanan panjang menuju Natural Hill, tempat wisata outbound tidak terasa melelahkan karena pagi itu udara terasa sejuk dan kemacetan belum terjadi. Perjalanan menuju Natural Hill yang berada di Jl. Kolonel Masturi, Cisarua, Lembang Bandung cukup lancar. Perjalanan ke sana pun menyenangkan karena di sepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan berbagai tanaman dan bunga yang dijual. Daerah ini memang terkenal sebagai sentra penjualan berbagai tanaman hias dan bunga.

Tiba di lokasi tempat wisata outbond, kami disuguhi tempat parkir yang cukup luas namun terkesan masih alami karena banyaknya rumput liar. Fathan langsung exciting keluar dari mobil. Kami langsung masuk ke dalam area permainan outbound anak. Fathan langsung tertarik melihat kolam rakit.
Naik rakit bareng ayah


“Ayah, Fathan mau naik itu,” ucapnya riang.
Ayah pun langsung mengajak Fathan naik rakit. Waah, Fathan suka sekali. Bahkan, Fathan bisa naik rakit sendiri, menarik tambangnya dengan kuat. Wah, tenaga Fathan kuat sekali.

Pada dasarnya Fathan suka air, makanya dia langsung teriak-teriak begitu melihat ada permainan perahu karet. Ayah dan Fathan pun langsung naik perahu karet dengan hebohnya.
Permainan selanjutnya adalah menangkap ikan. Waaah, Fathan hebih banget deh ikutan lomba menangkap ikan di kolam. Hahaha…tapi Fathan tidak mencoba menangkap ikan, dia malah sibuk main air sambil jebur-jeburan. 
Naik rakit sendiri


Menurut Bunda, Natural Hill cukup memadai sebagai tempat wisata outbound, baik tempat outbound dewasa maupun anak. Di sana tersedia berbagai fasilitas permainan outbound anak seperti spiderweb, jungkat-jungkit, labirin, ayunan, rakit, panjat-panjatan, jembatang goyang, dan lain-lain. Fathan mencoba permainan naik rakit, permainan naik perahu karet, permainan menangkap ikan, kolam renang yang bisa digunakan untuk permainan bola, bisa berkuda, dan bercocok tanam.  Tempat outbound di Bandung ini memiliki berbagai permainan outbond anak yang bisa mengembangkan kemampuan anak. Tempat outbond di Bandung seluas 14 hektar ini memang menyediakan berbagai permainan yang bisa mengembangkan kemampuan anak. Anak-anak diajari bagaimana cara bersosialisasi, bertanggung jawab, dan leadership.
Kenapa Bunda ingin Fathan ikut outbound? Karena Bunda ingin Fathan sejak dini sudah terasah kemampuannya dalam hal bekerjasama dan bersosialisasi. Menuurt beberapa referensi yang Bunda baca, permainan outbound anak memiliki banyak manfaat, di antaranya:
1.       Sebagai orang tua, bunda jadi mengetahui seberapa kuat kemampuan anak. Bunda sampai terkagum-kagum melihat Fathan yang masih berusia 3 tahun mampu menarik perahu rakit sendirian dan bolak-balik naik rakit sendiri tanpa dibantu.
2.       Bunda tahu Fathan masih lemah dalam hal bersosialisasi, dia sering tidak mau bergabung dalam kelompok anak-anak. Dengan ikut outbound, Fathan jadi belajar bersosialisasi bersama teman sebaya dan teman lebih besar.
3.       Fathan juga jadi mampu berkomunikasi dengan baik, apalagi saat mendapat informasi dari teman-temannya.
4.       Dengan ikut permainan outbond anak, kemampuan syaraf motorik Fathan lebih berkembang.
Sebenarnya masih banyak manfaat outbound bagi anak. Namun, bagi Fathan yang masih berusia 3 tahun, manfaat di atas sudah sangat besar baginya. 

Oh iya, bagi yang ingin mengikuti permainan outbond anak di Natural Hill cukup mengeluarkan uang untuk tiket masyk sebesar Rp 10.000,00. Untuk anak di bawah 3 tahun tidak dipungut biaya. Di sana juga terdapat saung-saung bamboo untuk beristirahat. Jadi cocok banget untuk acara gathering keluarga atau gathering komunitas. Kita juga bisa bekal makanan dan gelar piknik di sana. Rasanya tenang dan rileks berkumpul bersama keluarga di tengah pemandangan yang sangat indah. Di sana juga disediakan vila bagi yang ingin menginap. Di sana juga disediakan pemandu yang akan memandu permainan outbound anak. Jadi, orangtua tidak usah khawatir dengan keselamatan anak-anak. Tapi, tetap orangtua harus mengawasi apalagi Fathan termasuk anak yang sangat aktif sehingga perlu pengawasan ekstra, nih.

Selesai permainan outbond anak, Fathan masih belum kehabisan energi. Dia masin perosotan di bagian yang berbentuk bukit-bukit kecil. Heuu…bajunya kotor lagi, deh. Padahal sudah mandi. Terpaksa deh celananya dibuka karena memang kotor. Dalam perjalanan pulang,energi Fathan belum benar-benar habis. Dia beraksi di mobil dengan naik dashboard mobil dan tiduran di sana. Huhuhu…sabar, deh, Bunda. Akhirnya Fathan tidur juga dalam pangkuan Bunda. Fiuuhhh, mesti sering-sering ikut permainan outbound anak ini mah biar energinya tersalurkan. 

Untuk yang ingin tahu bagaimana serunya petualangan Fathan di Natural Hill, bisa nonton video ini. Kegiatan yang seru deh buat anak-anak.