CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Sampoerna School System: Merencanakan Pendidikan Terbaik untuk Anak




“Fathan mau sekolah,” ucap Fathan yang masih berusia 3 tahun. Mungkin permintaannya itu hanyalah permintaan anak balita yang masih belum mengerti apa arti sekolah. Namun, ternyata anak seusia itu sudah tahu apa itu sekolah.

Zaman saya kecil, sekolah mulai dari usia 5 tahun yaitu masuk TK. Saat itu rasanya masuk TK adalah sebuah kemewahan karena hanya orang-orang yang ekonominya mapan bisa memasukkan anak-anaknya ke TK. Kebanyakan, orang langsung memasukkan anak-anaknya ke Sekolah Dasar. Lain dulu lain sekarang, kebutuhan pendidikan terus berkembang. Tidak jarang orang tua memasukkan anak sekolah mulai dari usia balita. Anak usia 3 tahun sudah masuk sekolah dikarenakan kebutuhannya yang berbeda. Anak-anak sudah disiapkan terlebih dahulu sekolah di Play Group dan Taman Kanak-Kanak sebelum masuk Sekolah Dasar. Saat ini Sekolah Dasar menerima anak yang sudah bisa membaca dan menulis. Sehingga tidak jarang tua yang sibuk memasukkan anaknya les calistung sebelum masuk Sekolah Dasar. Hal tersebut tidak lepas dari tuntutan zaman yang membutuhkan anak-anak cerdas dan siap bersaing di masa depan. Pendidikan seperti sebuah harga yang harus dibayar jika ingin meraih kesuksesan walaupun sebenarnya hal tersebut bukanlah hal yang pasti. Pendidikan yang tinggi belum menentukan kesuksesan seseorang akan tetapi dengan pendidikan setidaknya seseorang memiliki bekal untuk bersaing dalam meraih kesuksesan. 

Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah sumber daya manusia yang besar. Sumber daya ini jika dikelola dengan baik akan membuat negara ini menjadi negara yang maju. Bahkan, McKinsey Global Instute memprediksi bahwa Indonesia akan menjadi negara pereknomian terbesar ke-7 melewati Jerman dan Inggris pada tahun 2030. Hal itu tentunya akan terwujud jika generasi pemuda memiliki keterampilan dan kemampuan yang memadai. Sehingga sangat penting bagi negara ini untuk menyiapkan generasi mudanya menjadi generasi yang siap menghadapi persaingan global.

Sebagai orangtua, saya pun tentunya ingin menyiapkan anak-anak menjadi anak-anak yang mandiri, cerdas, memiliki kemampuan. Saya memasukkan Fathan ke sekolah sejak usia 3 tahun bukan karena tren saat ini namun karena ingin Fathan menjadi anak yang bisa bersosialisasi dengan baik. Tantangan bagi orangtua saat ini bisa memberikan pendidikan yang tepat karena banyaknya kekurangan sebagai orangtua. Saya akui, sebagai orangtua saya masih memiliki banyak kekurangan terutama kekurangan waktu untuk memberikan pendidikan di rumah. Sehingga saya membutuhkan pihak lain untuk membantu saya dalam memberikan pendidikan sosialisasi pada anak. Saya memilih sekolah karena saya pikir di sekolah akan banyak anak-anak seusianya dan Fathan bisa belajar bersosialisasi di sini. Sejauh ini, Fathan memperlihatkan beberapa perkembangan setelah sekolah, di antaranya lebih mandiri, bisa berbagi dengan teman, tidak lagi cengeng. Saya merasa bersyukur melihat semua perkembangan Fathan selama 3 bulan terakhir ini. 


Setelah saya mengikuti Talkshow pendidikan bertema Think Beyond the School: Pandu Orang Tua dalam Memilih Alur Pendidikan yang Tepat yang diadakan oleh Sapoerna School System, saya jadi lebih faham ternyata alur pendidikan merupakan serangkaian`perjalanan pendidikan yang dibangun secara holistik. Alur pendidikan yang tepat harus dapat memastikan anak mendapatkan pendidikan berkualitas secara konsisten dan berkesinambungan serta dapat menjembatani kebutuhan pendidikan anak pada setiap tahapnya, baik sejak taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Pemilihan alur pendidikan yang tepat akan membekali generasi muda dengan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat berpartisipasi aktif sebagai masyarakat global.
 
 “Tujuannya untuk memberikan pemahaman lebih baik kepada masyarakat, khususnya orangtua mengenai pemilihan alur pendidikan yang tepat guna mendukung masa depan generasi mendatang Indonesia,” ungkap Nenny Soemawinata, Chief Executive Officer Putera Sampoerna Foundation. 

Saya pun setuju mengenai pemilihan alur pendidikan yang dilakukan secara matang. Hal itu karena pemilihan alur pendidikan yang tepat dapat mengarahkan anak kepada potensi terbaiknya. Oleh karena itu, saya seniri sebagai orangtua harus faham acuan apa saja dalam pemilihan alur pendidikan, di antaranya tentu saja pada sistem pendidikan yang akan diterakan pada anak, kurikulum dan metode pengajaran yang memang cocok untuk anak. Hal-hal tersbeut bisa dilakukan jika saya juga sebagai orangtua sudah mengenal anak dengan baik dan tahu potensi yang dimilikinya. Sehingga alur pendidikan yang dipilih memang sesuai dengan kebutuhannya. 

Ternyata pemikiran saya tersebut sejalan dengan pendapat Ratih Ibrahim, psikolog, yang menyebutkan bahwa banyak faktor yang bisa dijadikan bahan pertimbangan, dan salah satu yang utama adalah memilih pendidikan berkualitas yang mampu mengakomodasi kemampuan dan bakat anak yang paling sesuai dengan karakteristik dan daya kembang anak.

“Kejelian orangtua dalam mengidentifikasi potensi anak dan melakukan perencanaan alur pendidikan yang tepat memegang peranan penting untuk memastikan prestasi dan menjamin kesuksesan anak kelask,” ujar psikolog yang sudah sering wara-wiri di layar kaca tersebut. 

Secara umum ada beberapa sistem pendidikan yang terdapat di Indonesia.  Kalau sekolah-sekolah negeri umumnya menggunakan sistem pendidikan nasional. Namun, saat ini banyak sekolah-sekolah swasta yang menerapkan sistem pendidikan dari luar negeri, di antaranya sistem pendidikan Britania Raya, sistem Eropa, dan sistem Amerika. Nah, biar kita semua lebih tahu apa saja kelebihan sistem pendidikan tersebut, akan saya uraikan, semoga dapat memberikan gambaran dan pilihan yang tepat untuk anak.

·         Sistem Nasional Indonesia: Sistem pendidikan nasional di Indonesia berada di bawah pengawasan Kementrian Pendidikan dan Budaya serta Kementrian Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Sistem ini menerapkan wajib belajar 9 tahun, yaitu 6 tahun pendidikan dasar dan 3 tahun pendidikan menengah pertama. Sistem ini memastikan pengembangan intelektual, spiritual, dan personal anak, bahasa daerah digunakan untuk melengkapi bahasa Indonesia. Sistem ini menuai sejumlah kritik karena pada praktiknya dianggap lebih mengutamakan hafalan dan pengulangan. Beberapa tahun terakhir, pendirian sekolah nasional plus semakin meluas. Sekolah-sekolah ini memasukkan sistem nasional dengan berbagai aspek sistem internasional, seperti Cambridge. Beberapa dari sekolah internasional bahkan memasukkan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

·         Sistem Britania Raya – Cambridge.  Sistem pendidikan Britania Raya memiliki sejarah paling mengakar di dunia. Sistemnya dapat dicirikan dari spesialisasi mata pelajaran yang mendalam serta penelitian yang cermat dan mutakhir. Sistem ini memenuhi kebutuhan pendidikan anak usia 6 hingga 18 tahun dan menyediakan kualifiasi berjenjang, termasuk sertifikasi PSLE, O, dan A. Ketiganya diakui secara internasional di semua sekokah dan perusahaan yang terkait. Beberapa tahun terakhir, sistem ini mengadopsi sejumlah bidang baru ke dalam kurikulumnya, seperti wawasan global serta pembelajaran kontekstual dan kelompok.

·         Sistem Eropa – International Baccalaureate: IB adalah sebuah rangkaian sistem yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak usia 3 hingga 19 tahun. Kerangka dasarnya dirancang untuk menyempurnakan metode mengajar yang mampu mengembangkan aspek akademis dan pribadi siswa. Sistem ini bertujuan untuk menginspirasi para siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat, yang ditandai dengna antusiasme dan empati yang tinggi. Kurikulum IB memiliki cakupan yang luas an mendorong penguasaan materi yang seimbang serta atarilmu. Elemen lain yang juga dipadukan pada sistem ini adalah pembelajaran yang terpusat pada siswa dan penekanan yang kuat pada konteks dunia. Sebuah riset skala global mencatat bahwa sekolah-sekolah IB dinilai paling efektif untuk mengembangkan para lulusa-lulusan secara matang dengan adanya kombinasi sumber daya kurikulum di luar yang disediakan oleh IB.

·         Sistem Amerika:  Sistem Amerika umumnya bervariasi, namun memiliki kesamaan mengenai pendekatan yang luas pada gaya belajar dan penguasaan materi. Sistem ini berfokus pada keterampilan praktis dan kemampuan memecahkan masalah yang diwajibkan oleh mayoritas perusahaan. Kurikulumnya menekankan pada pembelajaran kontekstual melalui pemecahan masalah dan STEAM (Science, technology, engineering, art, and math). Sistem Amerika memenuhi kebutuhan pendidikan siswa usia 3 hingga 18 tahun di mana pengembangan pengetahuan, kognitif, dan sosial ditonjolkan secara seimbang.

Masih bingung?  Sebagai orangtua, saya bisa memilih alur pendidikan yang tepat. Nah, masih ada alternatif alur pendidikan yang ditawarkan oleh Putera Sampoerna Foundation melalui sistem pendidikan baru bernama Sampoerna School System.  Sistem dari SF ini menawarkan alur pendidikan berkualitas internasional dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi guna mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas dalam jumlah yang lebih banyak.  Sampoerna School System merupakan sistem pendidikan terintegrasi pertama di Indonesia dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi yang menerapkan kurikulum Internasional yang berkualitas dalam bahasa Inggris dan berfokus pada pendidikan berbasis STEAM dengan harga terjangkau.  Setiap unit pendidikannya memandu siswa selama dan setengah perjalanan pendidikannya serta menanamkan nilai-nilai kepemimpinan, kewirausahaan dan tanggung jawab sosial.

Sampoerna Academy bermitra dengan institusi pendidikan di Amerika yaitu Harmony Public Schools dan Knowledge is  Power Program (KIPP) dalam memberikan pendidikan berkualitas dan diakui secara internasional. Harmony Public Schools menyediakan sumber daya dan kurkulum STEAM. Pendekatan mereka mendukung filosofi untuk menciptakan lingkungan yang fokus pada siswa dan berbasis proyek. Sementara itu KIPP merupakan program yang menyediakan pelatihan kepemimpinan kepada para kepala sekolah. Program ini diakui secara global dalam mempersiapkan para kepala sekolah agar mampu beradaptasi di berbagai lingkungan yang berbeda serta mampu mengaplikasikan berbagai kegiatan yang mendukung sistem belajar mengajar yang efektif.


Sampoerna Academy menawarkan program day-school dan boarding school dengan kurikulum unik yang menekankan pendidikan akan kebudayaan dan pengembangan karakter untuk menciptakan pemimpin bangsa berkaliber tinggi.

Kurikulum Sampoerna Academy
1.       Akademik. Sampoerna Academy mengimplementasikan Kurikulum Standar Pendidikan NAsional dan Kurikulum Internasional dari Cambridge International General Certificate of Secondary Education (IGCSE), Cambridge International A/AS Level, Singapore Math, Kurikulum STEM Harmony. Pembelajaran menerapkan syudent centered learning dan mempromosikan penggunaan strategi dan metdologi yang lazim diterapkan sekolah internasional lainnya sehingga membuat siswa aktif, mendorong kreativitas, dilaksanakan secara efektif, dan menciptakan suasana yang menyenangkan baik bagi guru maupun peserta didik. Sampoerna School System’s Hybrid Approach memungkinkan siswa mengikuti American College Program, program dimana kelas 10 sudah dapat mengambil satuan kredit semester (sks) yang diakui dan dapat ditransfer saat menempuh pendidikan tinggu di lebih dari 1.000 universitas di Amerika.

2.       Keterampilan professional. Sampoerna Academy  melaksanakan Youth Enterpreneurship Program yang bertujuan untuk mendidikan, membentuk, membina, dan mengembangkan minat peserta didik agar memiliki jiwa wirausaha secara holistik. Diharapkan para siswa memiliki rasa tanggung jawab, berani mengambil risiko yang diperhitungkan dab membuat keputusan.

3.       Pathway to Leadership dan Life Long Learning. Sampoerna Academy menerapkan kegiatan ekstrakurikuler atau yang disebut Pathway to Leadership  dan Life Long Learning. Kegiatan ini dirancang mengembangkan rasa percaya diri, rasa keingintahuan, dan mendorong siswa untuk menjadi anggota masyarakat yang sehat, mandiri, dan bertanggung jawab.

Alur pendidikan yang ditawarkan oleh Sampoerna Academy membuat saya tertarik. Tentunya karena saya juga ingin anak-anak saya bisa menjadi anak-anak yang berkualitas dan mandiri. Bagi para orangtua lainnya, Sampoerna Academy bisa menjadi altenatif alur pendidikan yang bisa dipilih. Silakan memilih pendidikan yang terbaik untuk anak-anak.

Alamat
a.       The Sampoerna Academy –Day School (taman kanak-kanak) berlokasi di L’Avenue, Pancoran dan The Icon BSD City.
b.      The Sampoerna Academy – Boarding High School (SMA) di Bogor.