CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Menyiapkan 1000 Hari Pertama Si Kecil Bersama Prenagen Pregnancy Education Journey




Fakhira, gadis kecil Bunda. Gadis kecil yang kalem, dengan senyumnya selalu menawan hati Bunda. Ya, Fakhira berbeda dengan kakaknya, Fathan. Kehadiran Fakhira dalam perut Bunda tidak direncanakan. Jika diperlukan waktu 7 tahun bagi Bunda menanti kehadiran Fathan, maka Fakhira hadir tidak terduga. Tepat saat Fathan berusia 2 tahun, Bunda baru sadar dengan kehadiran Fakhira. Jujur, saat itu, perasaan Bunda campur aduk, antara siap dan belum siap. Bunda masih ingin fokus merawat Fathan tapi kemudian Fakhira kecil hadir dalam perut Bunda. Kekhawatiran dan kecemasan pun menggelayuti masa kehamilan. 

Berbeda dengan kehamilan Fathan, saat mengandung Fathan, Bunda cenderung lebih cuek. Bunda tidak terlalu memerhatikan asupan nutrisi.  Alasannya, Bunda capek, saat hamil Fathan, Bunda cukup ketat menjaga asupan nutrisi, tidak makan mie instan, junk food kayak pizza, burger, fried chicken. Bunda hanya mengonsumsi makanan bergizi, buah-buahan, sayur-sayuran, vitamin rutin diminum. Hasilnya, berat badan tetap naik drastic. Dengan alasan itulah, Bunda tidak memerhatikan asupan nutrisi saat memgandung Fakhira. Toh, makanan dijaga pun, berat badan tetap naik drastis.

Prenagen Pregnancy Educational Journey
 
Mengingat apa yang sudah terjadi, rasanya Bunda kurang memperhatikan asupan nutrisi. Apalagi saat Bunda hadir ke acara Edukasi Lengkap “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey” 2016, Bunda merasa tertampar habis-habisan. Rasa bersalah pun pun menghampiri namun dari acara tersebut, Bunda pun mendapat banyak ilmu bermanfaat. Semoga bisa menjadi bekal bagi Bunda untuk bisa menyiapkan kehidupan terbaik bagi Fakhira. 

Sebagai seorang ibu, banyak hal yang harus Bunda pelajari mengenai bagaimana mengasuh dan mendidik anak dengan tepat. Yaah, ternyata selama ini banyak hal yang luput dari perhatian Bunda, seperti  menyiapkan kehidupan buat anak sejak awal. Oleh karena itu saat ada acara tentang bagaimana menyiapkan kehidupan bagi buah hati, Bunda langsung semangat ikutan. Acara yang digagas oleh Prenagen ini bertajuk “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey”. Cukup dengan mengeluarkan uang 100 K, Bunda bersama para ibu yang lain bisa mengikuti acara edukasi  bagi para calon orangtua ini. Bandung merupakan kota pertama diadakan acara ini dan kemudian akan diadakan di kota-kota lain. 

Acara ini diadakan di Trans Studio Mall, Bandung, pada 2 April 2016. Saat akan menuju lokasi, tampak di pinggir jalan menuju TSM sudah berjajar bendera PRENAGEN. Wow, kayaknya acaranya seru, nih. Itulah ekspekstasi saya saat melihat jejeran bendera PRENAGEN sepanjang jalan menuju TSM. Tiba di lokasi, ternyata udah ramai sama pengunjung yang didominasi ibu hamil yang cantik-cantik. Emang lho aura ibu hamil itu cantik karena konon katanya saat hamil ada perubahan hormon yang membuat kulit terlihat lebih mulus dan bercahaya. Cieee…pantesan kalau lihat perempuan hamil selalu terlihat cantik dan wajahnya lebih segar walaupun tanpa make up.

Saat memasuki area, sudah tersedia stan registrasi bagi para peserta. Saat registrasi dan diberi goodie bag berisi produk Prenagen yang tentunya bermanfaat banget buat Bunda. Tengok kanan kiri, suasana sudah ramai. Sudah ada booth –booth Education Center, di antaranya booth Pra Kehamilan, Nutrisi, dan Menyusui. Bunda langsung melipir deh ke Booth Menyusui karena memang Bunda saat ini lagi ingin program relaktasi ASI.

Kelas Pra Kehamilan
Kelas prakehamilan rupanya banyak penggemarnya, terbukti dari tempat duduk yang penuh. Sampai-sampai Bunda nggak kebagian tempat duduk. Tapi, sedikitnya Bunda sempat menyimak sedikit materi yang disampaikan. Di kelas prakehamilan ini, narasumber yang seorang dokter menjelaskan betapa pentingnya menyiapkan kehamilan sejak awal. Sang dokter menjelaskan bagaimana bisa terjadi ovulasi antara sperma dan sel telur. Kapan waktu yang tepat terjadinya ovulasi dan apa saja yang yang harus dipersiapkan sebelum kehamilan. Rupanya, sebelum hamil pun sebaiknya para perempuan sudah menjaga asupan nutrisinya sehingga saat hamil sudah siap. Para calon orangtua juga sebaiknya menambah pengetahuan dan informasi sebelum kehamilan agar siap menghadapi kehamilan. 


Kelas Kehamilan
Nah, ini kelas yang paling ramai. Di kelas ini, berjejer ibu hamil serius menyimak penjelasan dari dokter. Sang dokter dengan semangat menjelaskan proses kehamilan yang dimulai dari trimester I, trimester II, dan trimester III. Saat hamil memang terjadi banyak perubahan dalam tubuh perempuan, baik itu perubahan hormon maupun perubahan bentuk tubuh. Setiap tahap dalam kehamilan berbeda-beda tingkatannya. Biasanya pada trimester I, ibu hamil mengalami mual, pusing, muntah, yang biasa disebut masa ngidam. Hihihi…jadi ingat saat hamil anak pertama, alhamdulillah nggak mual dan muntah parah. Cuma mual-mual dikit aja.  Saat trimester II, biasanya ibu hamil sudah mulai beradaptasi dengan kondisinya sehingga sudah mulai enakan badannya. Nah, pada trimester III, biasanya bobot badan naik dengan drastis sehingga bisa mempengaruhi emosional ibu hamil.

Kelas Menyusui
Di kelas inilah saya agak lama nyimak materi. Kenapa? Karena saat ini seharusnya saya masih menyusui Fakhira. Namun, karena harus ‘terpisah’ jarak sehingga jumlah ASI Bunda turun drastis hingga akhirnya Bunda tidak bisa memberikan ASI lagi kepada Fakhira. Duuuh, sedihnya. 

Di kelas ini, dokter dan bidan memberi penjelasan mengenai bagaimana cara menyusui yang benar. Ternyata proses menyusui bukan hanya setelah bayi lahir tapi dimulai dari saat hamil. Saat hamil sebaiknya ibu hamil mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi agar produksi ASI lancar. Selain itu, ibu hamil sebaiknya sudah menyiapkan putting susu untuk dihisap bayi dengan cara rajin membersihkan putting susu agar tidak tersumbat. Sehingga saat tiba waktunya menyusui, aliran ASI lancar keluar melalui putting susu. Memang harus ada ikatan yang kuat antara ibu dan bayi. Oleh karena itu sejak bayi baru lahir, bayi memang sebaiknya dikenalkan dengan putting susu ibu melalui proses inisiasi menyusui dini alias IMD. 

Memandikan bayi juga merupakan proses yang sebaiknya dilakukan oleh si ibu agar terjalin ikatan kuat antara ibu dan bayi. Bidan mempraktekkan bagaimana cara memandikan bayi dengan benar. Seorang ibu tidak harus takut memandikan bayinya asalkan dilakukan dengan tepat tentunya tidak akan berbahaya bagi sang bayi. Alhamdulillah, dulu saat hamil Fathan, Bunda cukup sekali diajari cara memandikan bayi, selanjutnya lancar. Fathan tipe bayi yang tidak rewel saat dimandikan. Begitu pula dengan Fakhira.

Pada saat menyusui sangat penting pelekatan mulut bayi pada daerah aerola payudara. Jika pelekatan baik maka proses menyusui pun akan lancar. Ibu pun akan terhindar dari masalah puting lecet.


Kelas Nutrisi Sehat
Di kelas ini, sudah hadir seorang chef yang siap memberi pengetahuan mengenai bahan-bahan makanan yang memiliki nilai nutrisi tinggi bagi ibu hamil dan bagaimana cara mengolahnya. Dengan lihai, sang chef langsung mempraktekkan beberapa resep sehat untuk ibu sehat. It’s looks yummy… Ih jagoan banget pokoknya sang chef. 


Store
Bunda juga sempat jalan-jalan ke Store Prenagen dan melihat berbagai produk Prenagen yang memang ditujukan untuk menyiapkan awal kehidupan terbaik bagi si kecil.

Lalu, tibalah acara yang ditunggu-tunggu, talkshow interaktif bareng 3 narasumber kece yaitu dr. Abidin, SpOG(K) Ahli Kebidanan dan Ginekologi, Roslina Verauli M,Psi Psikolog Anak & Keluarga, dan Irene F.Mongkar Pakar Stimulasi Anak. Tepat pukul 09.00 WIB, Bunda bersama peserta masuk ke ruangan yang udah disediakan. Di bagian depan sudah ada podium untuk para pembicara. Desain podium seperti desain ruang tamu sehingga tidak terasa kaku.  Acara dibuka dengan tari belly dance bagi ibu hamil dari Prenagen. Tarian ini sangat baik untuk ibu hamil karena membantu dalam proses kelahiran nanti. Di antara manfaat belly dance yaitu:

  • ·         Menguatkan otot panggul, otot perut

  • ·         Memperbaiki postur

  • ·         Mempermudah proses kelahiran

  • ·         Menenangkan tubuh

Cisca Becker sebagai host acara ini tampil maksimal dan memikat Bunda sebagai audience. Acara ini merupakan bagian dari Kampanye Prenagen Peduli Ibu Sehat Indonesia Sehat. Prenagen merupakan sahabat terbaik yang menemani para calon orangtua dalam menjalankan perannya. Prenagen juga siap memberikan edukasi secara berkelanjutan tentang menyiapkan awal kehidupan terbaik bagi buah hati. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dalam menyadarkan para calon orangtua mengenai pentingnya nutrisi dan stimulasi di awal 1000 hari pertama kehidupan si kecil. Tujuan akhirnya yaitu untuk membantu menurunkan angka kematian ibu melahirkan di Indonesia. 



"Prenagen sudah menemani para ibu selama 30 tahun dan acara kali ini berbeda dengan event sebelumnya. Pada even kali ini, Prenagen mempersembahkan 3 acara inti yaitu interaktif talkshow bersama 3 narasumber di bidangkebidanan, psikolog keluarga, dan pakar stimulaso, lalu Education Center yaitu kelas yang bisa memberikan konsultasi bagi para calon orangtua, serta ada Healthy Corner yang membantu memberikan informasi mengenai makanan sehat bagi ibu hamil,” ucap Bapak Ridwan Nur Hakim, selaku Regional Sales Promotion Head Kalbe Nutrition dalam sambutannya.



"Saya sangat menyambut baik setiap kegiatan yang tujuannya mencerdaskan calon orangtua untuk menghasilkan generasi emas,” ucap dr. Yogi Mulyana, selaku ketua FOGI Jabar dalam kata sambutannya.

Acara diselingi dengan pemutaran video mengenai 1000 hari pertama kehidupan janin, mulai dari dalam kandungan sampai usia 2 tahun. Yang dimaksud 1000 hari pertama kehidupan yaitu 270 hari (9 bulan) kehamilan dan 730 hari (2 tahun). Pada periode ini perkembangan otak sangatlah cepat sehingga diperlukan nutrisi dan stimulasi yang optimal. Jika pada masa ini nutrisi dan stimulasi tidak terpenuhi maka akan mempengaruhi proses tumbuh kembang anak.  Prenagen dilengkapi  prenapro yang dirancang khusus untuk memberikan solusi nutrisi untuk memeuhi kebutuhan ibu dan janin selama 1000 hari pertama kehidupan.  Sebagian kehamilan baru diketahui setelah 4 minggu, padahal pada saat itu tabung saraf otak sudah terbentuk sehingga sangat penting mengonsumsi asam  folat. Bahkan, asam folat sebaiknya dikonsumsi sejak 2 bulan sebelum konsepsi. 



dr.Boy Abidin, SpOG(K) : Asupan Nutrisi Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan
Talkshow interaktif ini dikemas dengan cara menarik yaitu penonton disuguhkan drama dari Cisca Becker sebagai tuan rumah dan tamunya Mona Ratuliu. Mereka berdua mengundang dr.Boy Abidin selaku pakar kebidanan dan ginekolog untuk bincang-bincang mengenai pentingnya asupan nutrisi pada saat 1000 hari pertama kehidupan si kecil. Menurut dr.Boy Abidin, bicara awal kehidupan dimulai dari awal pernikahan sehingga pada saat itu sangatlah penting untuk melakukan medical check up untuk mengetahui riwayat kesehatan masing-masing.Wah, dulu Bunda menikah sama Ayah , skip deh urusan medical check up. Alhamdulillah, kami tidak punya riwayat penyakit yang berat dan membahayakan janin. Mona dan Cisca pun ternyata skip urusan medical check up

Setelah menikah, mulai deh perencanaan memiliki keturunan. Mona cerita kalau sebenarnya ingin menunda dulu punya anak karena ingin persiapannya matang. Namun, ternyata rezeki memiliki anak datang dengan cepat karena sebulan setelah menikah Mona langsung hamil. Selama hamil, seringkali ibu hamil cemas karena tidak tahu apakah kehamilannya berjalan lancar atau tidak. Apalagi saat kehamilan pertama, biasanya para ibu hamil mengalami kecemasan karena itu adalah pengalaman pertama. Hihihi… jadi inget saat hamil anak pertama. Bunda cemas karena memang itu adalah pengalaman pertama, dibarengi dengan rasa tidak nyaman karena berbagai perubahan yang terjadi selama hamil. Bawaannya jadi sensitif terus, deh.

dr.Boy menegaskan bahwa 1000 hari pertama kehidupan merupakan masa paling penting dan tidak bisa diulang lagi. Sehingga para calon orangtua memang benar-benar harus mempersiapkan yang terbaik pada 1000 hari pertama, di antaranya asupan nutrisi terbaik.  Pada saat itu, proses perkembangan syaraf-syaraf otak terjadi secaar cepat dan saling kait berkait satu sama lain menyalurkan impuls. Bayi dalam kandungan sudah bisa menyerap informasi dari luar seperti cahaya dan suara. Bagi ibu hamil sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisinya berupa komposisi makanan lengkap dan seimbang seperti zat besi, karbohidrat, dan protein.Makananan sehat harus bervariasi juga dan diperhatikan cara pengolahannya.
Selain makanan, harus memperhatikan minuman. Ibu hamil sebaiknya tidak minum kopi. Walaupun beberapa literature menyebutkan boleh minum kopi sehari satu cangkir, dr. Boy menyarankan untuk tidk meminumnya.
“Kopi itu punya efek ketagihan, setelah satu cangkir maunya nambah lagi. Bahaya kopi itu bisa mengubah DNA janin dan mengganggu proses perkembangan janin,” dr.Boy Abidin menegaskan.

Ibu hamil boleh beraktivitas namun sebaiknya tidak melakukan aktivitas berat. Ibu hamil boleh kok bepergian naik pesawat, amannya usia kandungan antara 12 minggu – 32 minggu. Ibu hamil juga sangat disarankan olahraga seperti berenang dan jogging. Olahraga bagi ibu hamil bisa menguatkan otot-otot sehingga memudahkan proses persalinannya. 

Roslina Verauli: Pengaruh Psikologis Ibu Hamil Pada Perkembangan Bayi di 1000 Hari Pertama Kehidupan
Rupanya tidak hanya bincang-bincang seputar nutrisi, Mona dan Cisca juga mengundang sepupu Cisca yang psikolog yaitu Roslina Verauli. Duuuh, Bunda seneng banget ketemu sama psikolog yang wajahnya yang sering hadir di salah satu acara favorit Bunda. Suara Mba Vera enak banget didenger, menyenangkan gitu deh dengernya. Menurut  Mba Vera selama hamil, si ibu harus happy. Kenapa? Karena si ibu yang tidak happy alias marah akab menghasilkan 2 hormon yaitu hormone krotisol dan adrenalin yang berdampak pada aliran darah yang banyak mengalir ke otot. Detak jantung pun kencang dan bawaannya ingin membanting sesuatu, hehehe bisa lempar seoatu juga. Nah, pada saat marah-marah itulah, pengaruhnya akan ke janin dan membuat anak yang dilahirkan nanti rewel. 


“Jangan salahakan anak yang sering rewel tapi ingat saat hamil apakah ibu unhappy.”

Bunda jadi tersadar dengan pernyataan ini dan merasa bersalah kepada Fathan. Kemungkinan Fathan rewel mungkin dulu Bunda pernah unhappy dan ternyata erpengaruh sekali pada psikologis Fathan. Maafkan Bunda ya, Nak.

Semakin seru saat Mba Vera mengajarkan cara relaksasi. Dengan relaksasi akan membantu ibu hamil saat melahirkan nanti tidak merasakan sakit. Wow, bener, deh. Setelah dipraktekkan, rasanya lebih nyaman dan tenang. Pundak pun terasa ringan dan tidak tegang lagi. Kayaknya Bunda perlu sering-sering relaksasi nih biar happy.

Mba Vera juga mengingatkan para ayah untuk selalu membuat para Bunda happy. Peran suami sangat besar pada masa-masa kehamilan. Suami juga memegang kendali untuk meningkatkan atau menurunkan tingkat stress pada calon ibu.

“Tingkat kebahagiaan calon orangtua sangat penting untuk diperhatikan karena sangat berpengaruh pada kesehatan janin dan keselamatan proses kelahiran.”

Irene F.Mongkar: Makanan Otak Bagi Bayi Pada 1000 Hari Pertama
Bubun yang satu ini yang Bunda tunggu kehadiran Bubun Irene F. Mongkar seorang pakar stimulasi anak. Kenapa Bunda menunggu kehadirannya? Karena Bunda ingin sekali bisa melakukan stimulasi sejak dini pada Fathan dan Fakhira. Menurut Bubun Irene, selain diberi makanan perut, bayi juga harus diberi makanan otak. Apa yang dimaksud makanan otak? Makanan otak adalah stimulasi. Stimulasi terbagi menjadi 2 yaitu stimulasi sensori berupa penglihatan, pendengaran, dan perabaan, dan stimulasi motorik yaitu mobilitas, bahasa, dan kompetensi manual.

Dengan gayanya yang ceria, Bubun Irene menjelaskan mengenai tahap perkembangan bayi yang dimulai dari gerakan tanpa perpindahan, merayap, merangkak, dan berjalan. Semua tahapan itu harus dilalui.

“Jangan bangga anak bisa jalan tanpa merangkak terlebih dahulu karena sebenarnya itu kurang baik dan berdampak pada motorik, anak,” tegas Bubun Irene. Alhamdulillah, dulu Fathan melalui semua tahap perkembangan.


Bubun Irene pun mengajarkan bagaimana cara melakukan stimulasi-stimulasi pada bayi dalam bentuk vudeo. Waah, kelihatannya si bayi happy banget saat mendapatkan stimulasi. Kayaknya, Bunda akan praktekkan nih ke Fakhira biar si cantik makin happy dan makanan otaknya terpenuhi.
Duh, nggak terasa waktu berlalu cepat. Rasanya acara keren ini begitu cepat berlalu. Bunda dan para peserta diajak untuk menyanyikan lagu Hanya Satu Pintaku. Para suami yang hadir diminta untuk memeluk istri dan mengelus perutnya. Duh, jadi terharu, kebetulan ayah dan Fathan ikut acara ini. Kami saling berpegangan tangan bertiga. So sweet.

 Oh iya, di akhir acara diumumkan juga lomba live tweet dan instagram. Ada juara lomba dresscode  juga. Selamat buat para pemenang. Setelah Bandung, acara ini juga akan diadakan di kota-kota lain. Para Bunda bisa dapat informasi tentang acara ini lewat akun facebook PRENAGENworld, akun twitter @PRENAGENworld, dan akun Instagram @PRENAGENworld. Tiket bisa dilakukan pembelian tiket online di website resmi Prenagen. Selamat mengikuti acara buat para Bunda yang ingin hadir di acara yang seru dan keren ini.