CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Cerita Mudik Lebaran si Bunda




Menjelang lebaran seperti ini, teman-teman di kantor sudah pada asyik ngomongin mudik dan tujuan mudik. Berhubung, orangtua si Bunda ada di Sukabumi dan mertua tinggal di Tasikmalaya, setiap tahun, Bunda mudik ke dua kota tersebut. Cerita seru mudik setiap tahun kurang lebih sama. Cerita bermacet-macetan di jalan menjadi menu utama, terutama jika berlebaran ke Tasikmalaya. 

Sudah bukan cerita baru jika menjelang hari lebaran, perjalanan Bandung-Tasik yang biasanya bisa ditempuh kurang lebih 5 jam bisa ditempuh 15 jam. Pernah, si Bunda dan si Ayah sampe tidur di mobil berjam-jam saking macetnya. Apalagi buat pemudik ke Jawa, sepertinya perjalanan lebih lama lagi karena macet. Untungnya, para pemudik ke Jawa bisa istirahat di Kota Tasikmalaya karena banyak hotel di tasikmalaya.
Rumah mertua juga kebetulan bersebrangan dengan hotel di tasikmalaya yaitu Hotel Ramayana. Pastinya setiap musim lebaran, Hotel Ramayana penuh oleh pengunjung. Si Bunda si nginepnya di hotel mertua indah, hihihi. Biasanya sepanjang jalan raya di depan hotel Ramayana, berjejer kendaraan yang memadati kendaraan karena macet. Si Bunda sih cuma nonton keramaian di sana.

Kota Tasikmalaya memang menjadi jalur perlintasan bagi para pemudik yang menuju ke Jawa dari arah timur. Makanya, walaupun bukan musim mudik, jalur ke Kota Tasikmalaya selalu padat dengan kendaraan. Itu yang si Bunda rasakan setiap akan berkunjung ke rumah mertua. Si Bunda dan keluarga ke Tasikmalaya tidak hanya saat lebaran, tapi sering juga, minimal dua bulan sekali ke sana. Apalagi Fathan suka kangen sama Anne’-nya (panggilan untuk nenek) di Tasik. 

Saat ada keluarga yang menikah di Tasik, si Bunda dan keluarga pun pasti datang. Salah satu hotel di tasikmalaya yang sering dijadikan tempat resepsi pernikahan adalah hotel Santika Tasikmalaya. Sepupunya si Ayah, resepsi pernikahannya di sana. Menurut si Bunda, hotel Santika di Tasikmalaya sangat nyaman dan bangunannya tampak modern. Lokasinya pun strategis berada di pusat kota.

Berlebaran di Tasikmayala selalu memberi kesan tersendiri buat si Bunda dan keluarga karena si Bunda tidak hanya mengunjungi rumah mertua tapi juga mengunjungi rumah eyang di Cikole. Biasanya pada hari lebaran, semua keluarga besar eyang berkumpul di Cikole. Anak-anak eyang yang ada di luar kota semua berkumpul di sana. Biasanya, keluarga eyang yang berasal dari jauh, menginap di hotel di tasikmalaya. Selain lebih nyaman, menginap di hotel juga tentunya tidak merepotkan keluarga yang ada di Tasikmalaya. Biasanya, para saudara jauh sudah memesan tiket di www.traveloka.com agar bisa mendapatkan kamar dengan harga yang terjangkau. 

Seru banget jika seluruh keluarga besar bisa berkumpul saat berlebaran. Momen lebaran yang sayang untuk dilewatkan sehingga saudara yang jauh pun datang untuk berlebaran.