CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

5 Hal yang Membuat Bunda Bahagia Anak Pun Sejahtera




5 Hal yang Membuat Bunda Bahagia Anak Pun Sejahtera.-- Dalam sebuah seminar parenting, psikolog Roslina Verauli yang merupakan host di acara Curahan Hati Perempuan bertanya kepada peserta seminar, terutama para ibu yang hadir.

“Siapa di sini yang merasa happy?”
Ternyata dari sekian banyak ibu yang hadir hanya sedikit yang mengacungkan tangan. Kemudian, Mba Vera mewawancarai ibu yang merasa bahagia. Menurut penuturan ibu tersebut, dia merasa bahagia karena mendapatkan perhatian dari sang suami. Hehehe..jadi kuncinya ada di suami, dong, ya.
“Ibu…ibu… kalau anak-anaknya rewel, nangis terus, bukan karena kemasukan makhluk halus, ya, tapi inget-inget lagi, dulu pas hamil merasa happy, enggak?” lanjut Mba Vera.

Pertanyaan tersebut kontan langsung membuat para peserta riuh rendah. Rupa-rupanya banyak para ibu yang mengalami hal tersebut dan ternyata penyebabnya adalah karena saat hamil merasa tidak bahagia. Ternyata, menurut Mba Vera, kondisi psikologi si ibu saat hamil sangat berpengaruh kepada janin di dalam kandungan. Begitu pula saat mengasuh si kecil, jika kondisi psikologis si ibu tidak bahagia maka akan berdampak pada tingkah polah anak-anak yang sulit diatur.

 
Kebanyakan para ibu mengeluhkan kurangnya perhatian dari suami di tengah kesibukan urusan rumah tangga dan mengasuh anak-anak yang masih kecil. Namun, memang agak sulit menyamakan frekuensi bersama pasangan. Dan sekarang si Bunda mendapatkan persepsi baru bahwa bahagia itu tidak harus berasal dari pihak lain. Bahagia itu bisa diciptakan oleh diri kita sendiri. Oleh karena itu, demi bisa mewujudkan perkembangan optimal demi buah hati, si Bunda sekarang menciptakan kebahagian sendiri. Apa saja yang membuat Bunda bahagia?

1.       Membaca Buku
Duluuuuuu banget, pas belum punya dua krucil nan lucu dan imut, si Bunda ini hobi banget baca dan mengoleksi buku. Kalau sekarang, dengan dalih ‘enggak sempat’, pelan-pelan Bunda meninggalkan hobi membaca buku. Seringnya Bunda membaca artikel-artikel pendek di website. Padahal yah membaca buku dengan membaca artikel pendek tentunya khan beda pendalamannya. Apalagi si Bunda sekarang rasanya kudet banget, kurang info, kurang ilmu, kurang pendalaman terhadap sesuatu. Namun, si Bunda juga sudah tidak sempat ke toko buku. Ke toko buku dengan membawa dua balita kurang asyik. Seringnya Bunda malah kehilangan fokus. Untungnya, Bunda bekerja di perusahaan kreatif yang menerbitkan buku juga, sehingga ada beberapa teman yang baik hati mau meminjamkan buku. Ternyata, membaca buku, selain menambah ilmu juga membuat Bunda bahagia. Saat membaca buku, Bunda fokus pada materi yang terdapat di dalam buku. Bunda tidak memikirkan persoalan-persoalan hidup yang dialami. 

2.       Nonton Drama Korea
Naaaaah, kalau nontron drama dulu sempat adiksi juga. Namun, sekarang kayaknya sudah enggak sempat. Namun, kerinduan untuk menonton drama itu sering muncul.Apalagi kalau mantengin TL teman-teman yang pecandu drama korea. Waah, suka mupeng nonton juga. Ikutan baper juga. Etapi, bapernya nonton drama itu bikin bahagia, lho. Buat si Bunda, drama korea bukan sekadar tontotan tapi sudah jadi teman susah dan senang. Drama korea adalah teman menangis, teman tertawa, teman curhat juga. Hihihihi…

3.       Make Over
Kesibukan mengurus dua bocah yang lagi masa-masanya butuh perhatian sering membuat si Bunda tidak sempat mengurus diri sendiri. Akhirnya, Bunda sering dandan seadanya. Namun Bunda tentunya enggak mau dong kelihatan kucel. Walaupun sibuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga, mengurus dua bocah, Bunda juga ada kewajiban bekerja di luar rumah. Bekerja di luar rumah dengan penampilan amburadul tentunya bikin Bunda kurang percaya diri. Bunda juga membutuhkan produk make over agar bisa tampil lebih percaya diri. Sedikit sentuhan alat make up membuat hari-hari Bunda lebih ceria dan bahagia.

4.       Kumpul bersama teman
Obat mujarab saat bersedih adalah berkumpul bersama teman. Saat berkumpul tersebut sering keluar obrolan-obrolan seru dan becandaan ringan. Apalagi kalau kumpulnya di tempat makan. Perut kenyang, kepala ringan, stres pun berkurang. Tertawa bersama teman ternyata memberi efek positif banget buat Bunda membuat Bunda lebih bahagia saat bersama si kecil.

5.       Jajan Jajanan Pinggir Jalan

Ah si Bunda memang suka ngemil. Jajan di jajanan pinggir jalan ternyata memberi efek positif juga. Dengan pergi jajan, si Bunda jadi melangkahkan kaki keluar rumah untuk melihat lingkungan sekitar. Si Bunda juga bisa ngobrol-ngobrol ringan dengan pedagang jajanan. Perut pu kenyang dan jajanan bisa dimakan bersama anak-anak.

Buat para ibu yang lain mungkin lebih punya banyak cara untuk menciptakan kebahagiaan. Ada yang dengan memasak karena hobinya memang memasak. Ada ibu yang merasa bahagia bisa berbagi ilmu dengan para ibu yang lain. Ada juga ibu yang merasa bahagia karena bisa membuat prakarya seperti merajut, membuat pernak-pernik, dan lain-lain. Intinya sih, kita para ibu bisa menciptakan kebahagiaan kita sendiri, tujuannya agar kita bisa bahagia saat mengasuh dan mendidik anak-anak kita. Itulah 5 Hal yang Membuat Bunda Bahagia Anak Pun Sejahtera versi si Bunda. Bagaimana dengan para Bunda yang lain?