CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Pengalaman Melahirkan Anak Pertama




Pengalaman Melahirkan Anak Pertama. Melahirkan secara normal merupakan impian Bunda sejak sebelum hamil. Tidak pernah terpikirkan sebelumnya bahwa Bunda akan melahirkan melalui operasi Caesar. Sehingga secara mental Bunda tidak pernah mempersiapkan diri untuk operasi. Sejak awal kehamilan, Bunda sudah merencanakan untuk melahir secara normal. Bunda berusaha menjaga pola makan dengan benar. Banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Bunda pun menghindari makanan cepat saji dan junk food.
Saat minggu-minggu terakhir masa kehamilan, bunda sudah mempersiapkan diri untuk melahirkan secara normal. Bunda rutin melakukan senam hamil setiap hari melalui video senam hamil. Bunda pun melakukan diet ketat agar berat badan bayi yang  dikandung tidak terus bertambah naik. Maklum, Bunda mengalami kenaikan berat  yang sangat drastic. Heuu…naik 25 kg.

Saat teman-teman yangkebetulan barengan hamil satu per satu melahirkan, Bunda jadi degdegan banget. Soalnya belum juga terasa mules. Tapi tetap agak tenang karena memang belum melewati tanggal HPL. Seminggu menjelang tanggal HPL, keluar bercak. Bunda pun diperiksa dan ternyata sudah pembukaan dua. Alhamdulillah, Bunda bersyukur karena yakin sebentar lagi akan mengalami proses melahirkan secara normal. Namun, setelah empat hari, ternyata pembukaan tidak kunjung naik. Bidan pun berinisiatif melakukan induksi alami kepada si Bunda. Hasilnya, terjadi kenaikan pembukaan hingga mencapai pembukaan tujuh. Bidan pun terus semangat melakukan induksi alami, hingga pukul 19.00, sudah mencapai pembukaan Sembilan. 

Rasa sakit sudah sangat mendera. Jantung rasanya seperti ditarik-tarik. Bunda pun terus mengejan mengikuti instruksi Bidan. Namun, ternyata bayi dalam kandungan belum juga mau keluar. Sementara ciri-ciriketuban pecah belum terlihat. Akhirnya, Bidan memutuskan untuk memecahkan ketuban.
Saat ketuban dipecahkan, rasa mules semakin sering dan semakin terasa sakit. Bunda terus berusaha mengejan namun jarak kepala bayi dengan jalan lahir masih agak jauh. Hikss…rasanya sungguh tidak kuat. Keadaan pun menjadi kritis. Bidan yang sudah memecahkan ketuban khawtair ketuban akan kering. Sehingga Bidan pun berinisiatif membawa Bunda ke rumah sakit untuk menjalani operasi Caesar.

Perjalanan dari rumah Bidan sampai ke rumah sakit merupakan perjalanan panjang yang menyakitkan. Rasanya Bunda sudah dalam keadaan antara sadar dna tidak sadar saking menahan sakit yang mendera. Bunda pun dibawa ke rumah sakit dalam keadaan yang kacau balau, baju basah karena air ketuban. Setibanya di rumah sakit, Bunda dibawa ke UGD dan menjalani pemeriksaan awal. Pihak rumah sakit langsung bertindak cepat membawa Bunda ke ruang operasi. Bunda pun mengalami bius total sehingga tidak ingat apa-apa.

Tiba-tiba Bunda dibangunkan oleh paramedic yang mengatakan bahwa bayi bunda sudah lahir. Bunda dibiarkan mencium bayi besar sebesar 4 kg dengan rambut hitam yang tebal. Alhamdulillah, cumakata-kata itu yang bisa Bunda ucapkan saat melihat si bayi dalam keadaan sehat. Hati Bunda sangat bahagia.
Bagi semua ibu, pengalaman pertama melahirkan merupakan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Pengalaman pertama melihat si kecil yang sudah susah payah dilahirkan. Rasa sakit yang tadi menyiksa seakan sirna. Tinggal sakit yang dirasa karena bekas jahitan operasi. Sungguh luar biasa perjuangan ibu melahirkan. Pengalaman melahirkan anak pertama membuat Bunda ingat pada ibu yang sudah melahirkan dan membesarkan bunda. Sungguh jasamu tiada terkira.