CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Bahaya Anyang-Anyangan Pada Ibu Hamil




Bahaya anyang-anyangan pada ibu hamil tidak Bunda sadari sama sekali. Dulu saat mengalami anyang-anyangan, Bunda mengabaikanya dan menganggap hal yang sepele. Bahkan, saat hamil Fakhira, Bunda mengalami anyang-anyangan. Tentunya sangat menyiksa, kandung kemih yang tertekan janin dalam kandugan membuat keinginan BAK terus datang namun saat ke kamar mandi sakit saat buang air kecil.  Belum lagi perasaan lelah bolak-balik ke kamar mandi. Saat itu, Bunda mengatasinya dengan memperbanyak minum air putih karena terus terang tidak tahu bagaimana mengatasinya. Beruntung sekali anyangan yang Bunda alami tidak terlalu lama.

Namun, pandangan Bunda terhadap anyang-anyangan berbalik saat membaca curhatan seorang teman yang kehilangan bayi dalam kandungan karena anyangan-anyangan. Waduuuh, perasaan ngeri menjalari hati Bunda. Rasanya sangat bersyukur sekali karena waktu itu anyang-anyangan dialami tidak parah dan segera teratasi bahkan tidak berefek apa-apa terhadap janin.

Anyang-anyangan pada ibu hamil disebabkan kondisi kandungan membesar dan membuat kantung kemih tertekan. Saat tertekan tersebut, keinginan BAK menjadi sering sementara urin dalam kantung kemih sedikit jumlahnya. Akibatnya, saat BAK terasa sangat sakit.

Saat hamil memang terjadi perubahan hormon yang membuat saluran kemih mudah terkena infeksi.  Infeksi tersebut sebenarnya diebabkan oleh bakteri e-coli yang tinggal di saluran pencernaan. Saat BAB, bakteri tersebut bisa nyasar ke saluran kemih dan membuatnya infeksi. Sehingga memang, perempuan diwajibkan untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan karena letak uretra dengan saluran kemih yang cenderung dekat membuatnya mudah terinfeksi. Apalagi saat hamil karena ternyata bisa membahayakan janin yang sedang dikandung ibu hamil.

Sebaiknya ibu hamil juga tidak menahan BAK karena ternyata hal tersebut bisa juga menyebabkan anyang-anyangan. Walaupun hasrat ingin pipis yang menggelora begitu mengganggu, sebaiknya tidak ditahan. Cepat-cepatlah ke toilet jika kandung kemih teraa tertekan dan membuat ingin BAK. Sebaiknya hindarkan penggunaan sabun pembersih vagina karena ternyata bisa menyebabkan infeksi juga. Selalu jaga kekeringan celana dalam, jangan sampai terasa lembab karena udara lembab akan membuat bakteri mudah berkembang biak.

Berkaca dari kasus yang dialami oleh teman saya, rasanya anyang-anyanga tidak bisa disepelekan. Efeknya bisa sangat berbahaya bagi janin yang ada dalam kandungan. Jika dibiarkan bisa mengakibatkan ibu hamil kehilangan bayi yang dikandungnya. Anyang-anyangan yang tidak ditangani dengan tepat akan meningkatka risiko bayi lahir prematur. Selain itu, anyang-anyangan bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang sangat rendah. Jika sudah terasa anyang-anyangan dan perih saat BAK, cepatlah temui bidan atau dokter kandungan.Perbanyak minum air putih. Atur posisi tidur yang nyaman.