CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Belajar Online Seru Hanya di Ruangguru




Siapa di sini yang pernah soksibuk saat kelas 3 SMU untuk persiapan UN? (Kalau zaman saya masih EBTANAS). Saya adalah salah satunya. Zaman dulu ( kurleb 18 tahun lalu) saya bersama ribuan siswa kelas 3 SMU saat itu dibuat sibuk dengan persiapan ujian nasional dan persiapan masuk perguruan tinggi negeri. Selama ini, saya tidak pernah mengambil les tambahan, santai saja kayak di pantai. Lalu,tiba-tiba saya menjadi sibuk dan kalang kabut saat beberapa bulan menjelang ujian. Thanks Good, zaman itu,persaingan tidak seketat sekarang dan persyaratan pun tidak serumit sekarang. Jadi, kalau santai-santai juga masih bisalah mengerjakan soal ujian.
Siapa di sini lulusan Primagama? Saya langsung ngacung. Hahaha, zaman itu, les di Primagama tuh keren banget, terkenal sebagai tempat lesnya anak-anak pinter. Saya dan sahabat saya – Enis dan Irma– pun ikut-ikutan les di Primagama. 

Kami yang biasanya kerjaannya nonkrong di warung Bi Yuyun sepulang sekolah, tiba-tiba punya tempat tongkrongan baru yaitu tempat les Primagama. Hahaha, teman-teman lain yang tahu kebiasaan kami, ikutan syok. Sebenarnya, saya dan Enis biasa saja sih ikutan les di sana, tidak punya ambisi apa-apa. Kami cuma menemani Irma yang saat itu punya cita-cita masuk fakultas kedokteran. Berhubung bayar les itu lumayan mahal dan ngerayu ortu cukup lama buat ikutan les (ortu zaman dulu mesti dirayu sama anak dulu biar ngeluarin biaya tamabahan buat les, beda dengan ortu zaman sekarang yang malah sibuk cari tempat les oke untuk anaknya). Ya, kami juga nggak mau dong mengecewakan ortu yang sudah mengeluarkan uang tambahan untuk les, jadinya kami berdua pun rajin nongkrong di Primagama.


Apa yang saya dapatkan setelah ikutan les? Tentunya, saya dapat teman-teman baru dari sekolah lain. Tapi, umumnya mereka datang ke tempat les memang buat belajar bukan buat haha hihi, ya jadinya, nggak punya banyak tambahan teman. Kalau masalah pelajaran okelah, saya yang sering mumet menghadapi soal-soal matematika dikasih rumus kilat menyelesaikannya. Walaupun otak teteup dungdung tapi lumayanlah, saat itu ada perbaikan di nilai matematika. Selain itu, pengajarnya masih kakak-kakak mahasiswa jadi lumayan fresh-lah ngeliatnya, hehehehe walaupun tetap tidak membantu saat saya harus menyelesaikan soal Fisika yang bikin jungkir balik.

Kalau zaman sekarang gimana? Pernah dengar ada yang namanya situs belajar online? Nah, sekarang khan sudah zaman internet dan digital. Para pelajar di Indonesia pun sudah nggak asing lagi sama yang namanya internet. Wong katanya kalau ngerjain tugas pun cari bahannya di internet. Hal tersebut pun membuat tumbuhnya situs online pendidikan yang bergerak di mediabelajar. Salah satunya adalah ruangguru. Kalau menurut saya, kehadiran situs belajar online ini sangat bermanfaat banget untuk para pelajar. Dengan adanya situs belajar online, pelajar tidak harus capek pergi ke tempat bimbel. Soalnya, saya inget banget dulu sering males kalau waktunya bimbel. Apalagi pelajar sekarang tentunya sudah dibekali gadget yang bisa digunakan untuk belajar secara online.


Ruangguru sebagai situs belajar online menyediakan beragam fitur menarik yang memudahkan siswa belajar. Ruangguru menyediakan ruang belajar yang memungkinkan para pelajar bisa belajar di mana saja dan kapan saja. Tinggal buka gadget dan klakklik, deh. Ruangguru menyajikan materi berupa video. Bahkan, ruangguru menyajikan fitur les online. Kalau bingung mengerjakan peer bisa banget lho chat dengan tutor di ruangguru. Lebih seru lagi, ruangguru menyediakan guru privat yang bisa dipanggil ke rumah. Waaah, keren banget, bener-bener bikin mudah, ya.

Bimbingan belajar secara online tentunya lebih asyik dan mudah. Para siswa ada alasan malas belajar karena pembimbing selalu siap setiap saat membantu para siswa dalam belajar.  Biayanya pun ternyata bisa dicicil seperti biaya pada les bimbel biasa. Selain itu, bimbel di ruangguru teteup bisa nambah teman kok karena ada fitur digitalboot yaitu belajar dengan grup belajar online se-Indonesia. Hehehe …asyik banget,ya. Coba dari dulu ada ruangguru, hehehe pastinya makin semangat belajarnya, deh.