CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Menjadi Ibu Yang Membanggakan




Menjadi Ibu Yang Membanggakan. Biasanya orang tua yang merasa bangga pada prestasi anak-anaknya, Namun, kali ini si Bunda dikejutkan dengan perkataan Fathan tentang ibu yang membanggakan. Ternyata seorang anak juga punya tolok ukur tentang kebanggaan. Jadi begini ceritanya.

Si Bunda selalu merasa kesal dan nggak sabar dengan kebiasaannya yang lama jika diajak mandi dan berpakaian. Selalu banyak alasan. Hingga akhirnya Bunda sering bilang gini,”Bunda bangga deh kalau Aa nggak lama diajak mandi.” Atau kalimat begini,” Bunda bangga lho Aa ganti baju sendiri,”. Ternyata kata ‘bangga’ cukup sakti nih. Fathan seneng banget kalau sudah dapat pujian dengan kata-kata bangga. Dia pun akan kecewa kalau Bunda bilang menarik kata bangganya.

Nah, setiap akhir pekan, biasanya waktu Bunda bersama anak-anak. Akhir pekan biasanya diisi dengan acara masak makanan sehat untuk anak atau menonton film-film favorit. Bunda sering kehabisan film. Kalau sudah gitu, Fathan sering nagih. Akhirnya, Bunda sempetin deh  cari film-film kartun anak-anak. Sekalian deh download games anak-anak di ipad.
 
Fathan suka banget pas tahu di ipad sudah terpasang games dinosaurus, games tebak gambar, games puzzle, dan lain-lain. Dia makin heboh pas tahu di laptop sudah ada beberapa film kartun yang siap ditonton.
Bocah : Bunda bangga sama Aa ya, nggak pipis pas lagi bobo, pakai baju sendiri.
Bunda : Iyaah dong, bangga
Bocah : Kalau Aa suka ngaji, baca doa, sholat, nurut sama bunda, bangga juga?
Bunda : Superbangga, dong
Bocah : Aa juga bangga sama bunda udah donlotin games dinosaurus, film siput (length), film balap mobil (cars)
Bunda : Description: https://www.facebook.com/images/emoji.php/v9/fb3/1/16/1f913.png🤓Description: https://www.facebook.com/images/emoji.php/v9/fb3/1/16/1f913.png🤓Description: https://www.facebook.com/images/emoji.php/v9/fb3/1/16/1f913.png🤓
Duh jadi ibu yang membanggakan itu ternyata mudah, yaa (tepuk kening)



Oalaaah, ternyata menjadi orang yang membanggakan bagi anak-anak zaman now sederhana yaitu kuota penuh untuk bisa download film kesukaan meeka. Ternyata si Bunda tidak sendirian. Saat si Bunda posting status tersebut, para ibu yang lain mengamini bahwa anak-anak zaman now itu memang seperti itu.Bahkan, mereka tidak segan memuji ibunya cantik karena punya banyak kuota.
Hahahaha…ternyata kebanggaan seorang anak pada ibunya adalah seberapa banyak kuota yang dimiliki. Baiklah, Nak,biar Bunda selalu jadi ibu yang membanggakan anak, bunda akan isi terus kuotanya, hehehehe…

Duuh, ini ilmu parenting yang sangat-sangat menyesatkan. Jangan ditiru ya buibuk-ibuk. Harusnya khan si bunda tuh menuliskan kisah-kisah inspiratif tentang pengasuhan anak, bukannya fakta-fakta yang menyesatkan. Namun dari Bunda baca dan alami sendiri memang itulah kenyataan zaman sekarang. Segala teori parenting yang pernah Bunda baca atau dapatkan dari seminar parenting rasanya nggak berpengaruh.  Mungkin memang tantangan ibu zaman sekarang memang berbeda dengan zaman dulu. Segala kecanggihan teknologi telekomunikasi di era digital ini telah membiaskan banyak hal. Tolok ukur menjadi orangtua yang membanggakan bukan lagi pada pencapaian-pencapaian yang didapat oleh orangtua. Tapi pada seberapa besar kuota yang dimiliki. 

Sebagai seorang ibu, saya tentunya berharap menjadi seorang ibu yang membanggakan anak tidak sebatas itu. Namun seiring dengan perkembangannya, saya berharap cara pandang Fathan dan anak-anak lain menjadi lebih luas. Betapa banyak hal indah yang bisa diraih dan tidak hanya sebatas pada kuota.