CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Kuliner Khas Saat Wisata Ke Jogjakarta




Jogjakarta menjadi salah satu tujuan wisata bagi wisatawan, baik lokal maupun interlokal (yakali telepon umum). Nah, tahun ini,si Bunda berkesempatan mengunjungi kota yang selalu bikin kangen itu. Yang pertama sih bareng rombongan kantor yang mengadakan acara family trip ke Yogkarta. Kantor tempat si Bunda bekerja berbaik hati mengajak para karyawan beserta keluarga untuk berlibur di Yogya selama 3 malam dua hari. Gimana kesannya? Tentunya seru banget bisa menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di tempat-tempat wisata di Yogyakarta yang lagi ngehits yaitu Gua Pindul, Wisata ke Gunung Merapi, dan main di Pantai Sadranan.

Kedua kalinya ke Yogyakarta pada bulan Agustus 2017 karena si Bunda terpilih menjadi mombassador SGM Eksplor Batch 5 dan mengikuti acara temu bunda di Yogyakarta. Si Bunda bersama 90an Bunda dari seluruh Indonesia berhak melakukan kunjungan ke Pabrik SGM di Yogyakarta. Pengalaman luar biasa, lho. Bisa menginap di hotel tempat Cinta ‘AADC 2’ itu sungguh pengalaman luar biasa. Si Bunda dengan para bunda lainnya dijamu luar biasa oleh SGM. 

Nah, selama ke Yogyakarta itu, si Bunda ikutan cicip kuliner khas Yogyakarta dong, tentunya. Bagi yang sudah sering ke Yogyakarta mungkin sudah nggak aneh, tapi buat  Bunda sih pengalaman luar biasa. Apa saja kuliner yang sempat Bunda cicipi?

1.      Nasi Gudeg
Sebenarnya di Bandung sudah banyak banget yang jualan nasi gudeg. Rasanya pun tentunya enak. Tapi kalau ke Jogja nggak nyicipin nasi gudeg rasanya ada yang kurang, deh. Nasi hangat dengan gudeg yang terbuat dari nangka yang dimasak dengan santan ini rasanya manis-manis gimana gitu, semanis yang lagi makan, huukss.

2.      Nasi Kucing
Nasi kucing pun cukup populer di Bandung. Apalagi di deket rumah juga ada beberapa penjual nasi kucing. Tapi sekali lagi kalau ke Jogja nggak icip-icip nasi kucing rasanya bellum ke Jogja. Ceileee… jadi, deh, si Bunda mau aja diajak icip nasi kucing tengah malam, padahal ngantuk banget tuh sehabis ikut acara yang padat banget setelah seharian berkunjung ke Pabrik SGM. Oh iya, untung ukuran nasi kucing itu imut-imut jadi si Bunda masih maulah buka mulut dan mengunyah. (bilang aja doyan!)


3.      Bakmi Jawa
Nah,  bakmi Jawa tuh kesukaan banget. Anehnya di Bandung khan sudah sering juga makan bakmi Jawa. Tapi teuteup aja, pas nemu di Jogja serasa nemu harta karun, sueenneeeng poooll. Apalagi kok rasanya lebih enak gitu, ya.Apa karena dimasaknya menggunakan anglo (semacam tungku tanah liat).

4.      Belalang Goreng
Nah, kuliner yang satu ini belum ada di Bandung. Jadi si Bunda icip-icip saat ke Gunung Kidul. Saat perjalanan menuju Gua Pindul, banyak penjual belalang goreng. Si pemandu wisata menawarkan kami untuk icip-icip. Awalnya nggak berminat. Tapi akhirnya cobain juga karena penasaran. Rasanya mmm…krauk..krauk gitu kayak kerupuk, renyah dan gurih.

5.      Brongkos Jogja
Si Bunda nggak tahu makanan ini sudah di Bandung atau belum.Tapi, masakan yang mirip rawon ini enak juga,lho. Warna kuahnya yang coklat pekat cukup menggoda selera. Benar saja, menurut saya, brongkos Jogja itu lebih gurih daripada rawon. Mungkin karena ada tambahan santan dalam masakannya.