CeritaAnakBunda.com - Cerita Parenting Bunda

Tips Membawa Anak Baby Spa





Tips Membawa Anak Baby Spa. Saat Fathan lahir, sebagai ibu baru tentunya si bunda pengen coba ini, coba itu, termasuk baby spa yang saat itu baru muncul dan lagi ngehits banget. Jadilah, si Bunda sudah membawa Fathan ke baby spa saat dia berusia 6 bulan. Dengan semangat juang yang lagi tinggi-tingginya, Bunda menggembol Fathan ke salah satu tempat baby spa di Bandung. Saat dibawa ke sana ternyata Fathan agak rewel padahal biasanya suka banget main air. Hmm, ternyata karena Bunda sebelumnya tidak mempersiapkan. Fathan agak rewel karena dipijat oleh orang asing. Untungnya tidak berlangsung lama, Fatha pun menikmati pijatan dari sang terapis.

Sayangnya si Bunda tidak membawa Fathan baby spa secara rutin karena berbagai sebab. Salah satunya karena sering repot harus pergi membawa bayi sendiri. Sehingga, kadangkala Bunda melakukan baby spa di rumah. Bunda belajar cara memijat dari Youtube dan mengajakdia berenang di bak kecil. Baru sekitar usia 3 tahun Fathan kembali dibawa ke tempat baby spa. Nah, kalau ini sudah besar. Ternyata mengajak balita baby spa lebih sulit daripada membawa Fathan. Jadi sebelum dipijat, Fathan perlu diajak kenalan dulu sama terapisnya, ngobrol, main-main, setelah dia nyaman barulah dia mau dipijat dan kemudian berenang.
Jika Fathan diajak ke baby spa sudah dari usia 6 bulan, Fakhira baru diajak ke babyspa saat usianya sudah 1 tahun. Ternyata membawa Fakhira baby spa lebih repot daripada membawa Fathan. Entah kenapa Fakhira lebih rewel. Sehingga memang si Bunda dan terapis perlu usaha lebih keras agar dia mau dipijat dan berenang.

Berdasarkan pengalaman membawa anak-anak baby spa, ternyata ada beberapa tips agar anak-anak merasa nyaman saat baby spa. Karena ternyata tidak semua anak merasa nyaman dipijat. Ini dia tips membawa anak baby spa.

1.      Membiasakan pijat sedari bayi
Sejak mereka baru lahir, si Bunda sudah belajar memijat bayi. Banyak kok video pijat bayi di Youtube yang bisa dipelajari. Dengan melakukan pemijatan sedari bayi, bai pun terbiasa mendapatkan sentuhan dan pijatan. Sehingga saat dibawa ke tempat baby spa, si anak tidak rewel dan merasa nyaman walaupun bukan dipijat oleh ibunya.

2.      Membawa mainan kesukaannya ke tempat baby spa
Di tempat baby spa biasanya disediakan beragam mainan. Namun, kadangkala si anak akan merasa nyaman jika bermain dengan mainan favoritnya. Sehingga, untuk persiapan jika si anak tidak mau main dengan mainan yang ada di tempat baby spa, kita bisa membiarkannya main dengan mainan kesayangannya.

3.      Memilih tempat baby spa yang nyaman
Perlu banget nih memilih tempat baby spa yang nyaman. Karena tidak setiap tempat baby spa nyaman. Ada juga tempat baby spa yang agak sempit sehingga si anak kurang nyaman. Biasanya anak lebih suka tempat yang lebih luas, bersih, dan nyaman.

4.      Memilih tempat baby spa yang memiliki terapis berpengalaman
Penting banget memlih tempat spa yang memiliki terapis yang terampil dan berpengalaman. Hal itu karena jika si anak rewel dan merasa tidak nyaman, sang terapis bisa menghadapinya dengan tenang bahkan dapat membuat si anak nyaman. Sehingga tidak perlu campur tangan sang ibu untuk membujuk si anak agar tidak rewel. Terapis yang bepengalaman biasanya mampu membuat anak nyaman, dengan cara mengajak si anak main terlebih dahulu, mengobrol, sehingga si anak mau dipiat sambil bermain.

Jika tidak sempat membawa anak ke tempat baby spa, sebenarnya bisa melakukannya di rumah. Si bunda pun melakukannya di rumah dengan mempelajari cara memijat bayi. Alhamdulillah, banyak sekali manfaat melakukan baby spa. Dengan melakukan baby spa, Bunda sudah menstimulasi saraf-saraf penting pada bayi sehingga perkembangan bayi pun tidak terhambat.